Review Film ” Revolution OS “

Film ini menggambarkan bagaimana perkembangan sistem operasi yang open source hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.Pada awal film ini dijelaskan tentang pengertian dan bagaimana awal dari sebuah sistem operasi yang Open Source. Dalam film ini dijelaskan bahwa Open souce adalah cara orang berkolaborasi software tanpa harus terbebani oleh HAKI. Tahun 1980-an merupakan awal mula gerakan Free software dan proyek GNU. Pendiri dari gerakan free software itu sendiri bernama Richard Stallman. Awalny, beliau bergabung dengan MIT Artificial Intelegence Lab yang merupakan komunitas programmer. Sistem yang diciptakan pada saat .beliau di MIT bernama “The Incompatible Time Sharing System”, sistem itu mendefinisikan seorng hacker. Menurutnya,hacker adalah orang yang menikmati bermain dengan kecerdasan mereka. Hal tersebut mnejadi salah ketika dunia menekan untuk memberikan password, kemudian mulai lah mereka membuat pasword pada salah satu komputer MIT dan mencoba menembusnya dan ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, meskipun user mempunyai password mereka masih bisa mengetahui apa yang mereka tulis pada saat login.

Alasan dari dikembangkannya open source adalah karena kebanyakan user tidak tahu source code yang ada di softwarenya sehingga mereka tidak bisa mengembangkannya lagi. Akhirnya Stallman menulis point demi point tentang surat yang isinya tentang software berlisensi. Surat itu berjudul “ Surat Terbuka Terhadap Penggemar Komputer”. Hal ini lantas mendesak penggemar untuk membayar. Akhirnya Stallman mengembangkan perangkat lunak bebas yang disebut dengan GNU (GNU’s Not Unix), software ini mirip dengan Unix namun berbeda karena Unix mempunyai lisensi dan mereka membuat dan mulai menulis source codenya dari nol.

Film ini berisi wawancara terhadap petinggi pengembang sistem operasi, di antarany adalah Michael Tiemann, beliau membahas bagaimana ia bertemu Stallman pada tahun 1987, mendapat versi awal Stallman’s GCC , dan mendirikan Cygnus Solutions . Cygnus tersebut merupakan bisnis pertama yang menspesialisasikan diri sebagai free software.

Selain Michael Tieman ada Larry Augustin, beliau menggambarkan penggabungan GNU perangkat lunak dengan normal PC untuk membuat serupa Unix workstation yang harganya sepertiga harga sebuah Sun workstation meskipun itu dua kali lebih kuat. Dia menceritakan awal berurusan dengan pemodal ventura , akhirnya kapitalisasi dan komodifikasi Linux untuk perusahaan sendiri, VA Linux , dan yang IPO .

Torvalds menjelaskan pengembangan kernel Linux , di GNU / Linux kontroversi penamaan , lanjut evolusi Linux dan komersialisasi tersebut.

Raymond dan Stallman menjelaskan filosofi dari perangkat lunak bebas versus komunisme dan kapitalisme , dan tahap pengembangan Linux.

Brian Behlendorf, salah satu pengembang asli dari Apache HTTP Server , menjelaskan bagaimana dia mulai pertukaran patch untuk daemon Web-Server NCSA dengan pengembang lain dan bagaimana hal ini menyebabkan pelepasan webserver, Apache.

Frank Hecker dari Netscape membahas bagaimana hal itu datang untuk menjadikannya merilis kode sumber untuk browser Netscape, salah satu acara sinyal yang membuat Open Source merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan oleh eksekutif bisnis, media mainstream, dan masyarakat pada umumnya. Alasan mengapa Netscape adalah penting karena Netscape merupakan perusahaan besar yang berpartisipasi pada open source.  Hal ini hanya ditampilkan untuk menjadi lebih benar setelah film rilis sebagai kode sumber Netscape yang akhirnya akan menjadi Firefox browser, reklamasi sebagian besar mangsa pasar dari Microsoft’s Internet Explorer .

Film ini juga mendokumentasikan ruang lingkup skala penuh pertama- KTT LinuxWorld konferensi, dengan penampilan oleh Linus Torvalds dan Larry Augustin di panggung utama.

Perkembangan dari Linux itu sendiri adalah sebagai berikut:

Tahun 1991 Linux versi 0,01 mempunyai 10.000 baris koda dan 1 user

Tahun 1992 Linux versi 0,96 mempunyai 40.000 baris kode dan 1.000 user

Tahun 1993 Linux versi 0,99 mempunyai 100.000 baris kode dan 20.000 user, saat itu mulai dibuat Apache we server.

Tahun 1997 Linux versi 2,1 mempunayi 800.000 baris kode dan 3,5 juta user

Tahun 1998 Linux versi 2,11 mempunyia 1,5 juta baris kode dan 7,5 juta user

Tahun 1999 Linux versi 2,2 mempunyai 12 juta user dan sampai sekarang semakin bertambah banyak pengguna Linux.

This entry was posted on Thursday, March 24th, 2011 at 7:01 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.